Ilmu Ghaib Hanya Milik Allah
Definisi Ghaib
Ar-Raghib Al-Asfahany berkata:“Apa
saja yang lepas dari (jangkauan) indra dan pengetahuan manusia adalah ghaib.”
Al-Baji berkata:“Ghaib adalah apa yang tidak ada dan apa yang tidak tampak oleh manusia.”
Al-Baji berkata:“Ghaib adalah apa yang tidak ada dan apa yang tidak tampak oleh manusia.”
Hanya Allah yang Mengetahui
Ilmu ghaib adalah khusus milik
Allah. Cukup banyak ayat-ayat dan hadits yang mengatakan tentang hal tersebut.
Di dalam surat Al-An’am ayat 59, Allah berfirman:
” Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”
” Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”
Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
” Kunci-kunci ghaib ada lima, tidak ada yang mengetahuinya selain Allah. Sesungguhnya di sisi Allah terdapat ilmu tentang kiamat, Dia menurunkan hujan, dan Dia mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Tidak ada jiwa (manusia) yang mengetahui apa yang bakal ia peroleh (alami) besok. Dan tidak ada jiwa yang mengetahui di negeri mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Teliti. ” (HR. Al-Bukhari dan Ahmad dari Ibnu Umar, lafazhnya Ahmad)
” Kunci-kunci ghaib ada lima, tidak ada yang mengetahuinya selain Allah. Sesungguhnya di sisi Allah terdapat ilmu tentang kiamat, Dia menurunkan hujan, dan Dia mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Tidak ada jiwa (manusia) yang mengetahui apa yang bakal ia peroleh (alami) besok. Dan tidak ada jiwa yang mengetahui di negeri mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Teliti. ” (HR. Al-Bukhari dan Ahmad dari Ibnu Umar, lafazhnya Ahmad)
Aisyah berkata: “Barangsiapa
menyangka bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bisa memberi tahu apa
yang bakal terjadi besok pagi, maka ia benar-benar telah berdusta besar kepada
Allah Subhanahu wa Ta’ala karena Allah telah berfirman: “Katakanlah: Tidak ada
seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali
Allah.” (An-Naml : 65)
Hukum Menyandarkan Ilmu Ghaib Kepada
Makhluk
Siapa yang mengklaim bahwa dirinya
mengetahui salah satu dari kunci-kunci ghaib, maka ia kafir. Siapa yang
mengatakan; “Besok pasti hujan,” ia adalah kafir, kecuali jika ia tidak
memastikan dan mengandalkan kepada ilmu pengetahuan alam yang didasarkan kepada
eksperimen atau hukum kebiasaan, maka ia tidak kafir. Seperti juga mengabarkan
akan adanya gerhana berdasarkan ilmu hisab atau ilmu falak.
Ibnul Haj menukil kesepakatan ulama
atas kafirnya orang yang mengatakan bahwa para wali mengetahui apa yang sudah
terjadi dan apa yang akan terjadi sampai hari kiamat nanti.
Bid’ah Rafidhah dan Shufiyah
Imam Ibnu Qutaibah, penyambung lidah
Ahlus Sunnah pada abad ketiga, telah menjelaskan kebid’ahan dan kekufuran orang
yang menyandarkan ilmu ghaib kepada makhluk. Dalam risalah Al-Ikhtilaf fil
Lafzhi , beliau berkata: “Rafidhah (syi’ah) telah keterlaluan di dalam
mencintai Ali Radhiallahu anhu, mereka mengunggulkannya melebihi orang yang
diunggulkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan oleh seluruh
sahabatnya (termasuk oleh Ali Radhiallahu anhu sendiri). Mereka mengklaim bahwa
Ali derajatnya sejajar dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
kenabian. Mereka menganggap bahwa para imam dari anak-anaknya memiliki ilmu
ghaib.” Ucapan tersebut disamping dusta dan kufur adalah kebodohan yang
terlalu.
Kemudian bid’ah syi’ah ini menyebar
ke kalangan shufiyah (orang tasawuf) karena eratnya hubungan dua kelompok
tersebut, sehingga kita dapati orang-orang shufi meyakini bahwa termasuk
karamah para wali adalah melihat Lauhul Mahfuzh dan membaca isinya. Sampai
Asy-Sya’rani (tokoh shufi) mengatakan bahwa Muhyiddin Ibnu Arabiy (pelopor
faham menyimpang yang disebut “wihdatul wujud” , yakni bersatunya Allah dengan
alam/makhluq) diberi tahu oleh Allah perbedaan antara apa yang ditulis di
Lauhul Mahfuzh dengan tulisan para makhluk. Dan Abdul Karim Al-Jiliy mengklaim
bahwa dirinya telah dimi’rajkan dan berkumpul dengan seluruh para Nabi, wali
dan malaikat dari berbagai macamnya dan dibukakan untuknya tabir ghaib sehingga
mengetahui hakikat segala sesuatu dari sejak azal sampai kepada jaman yang tak
bertepi. Sampai Yusuf An-Nabhani mengatakan: “Lauhul Mahfuzh adalah hati
seorang arif, artinya hati orang yang ma’rifat itu bagaikan kaca cermin yang
dihadapkan kepada Lauhul Mahfuzh, apa yang tertulis di Lauhul Mahfuzh bisa
terekam di hati seorang arif.”
Hanya Para Rasul yang Diberi Tahu
Allah berfirman dalam surat Al-Jin
ayat 26-27:
“(Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihat-kan kepada seorang pun tentang yang ghaib itu, kecuali kepada rasul yang diridlai-Nya.”
“(Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihat-kan kepada seorang pun tentang yang ghaib itu, kecuali kepada rasul yang diridlai-Nya.”
Orang-orang shufi demi mengesahkan
kebid’ahannya, mereka berani menambah ayat (dalam tafsirnya), mereka
mengatakan:
“Kecuali kepada rasul (yang diridhai-Nya) dan wali.”
“Kecuali kepada rasul (yang diridhai-Nya) dan wali.”
Mengetahui perkara ghaib melalui
jalan “Ithla’” khusus untuk para rasul Allah Subhanahu wa Ta’ala berdasarkan
firman Allah: “Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepada kamu (
hai orang-orang mukmin orang-orang mukmin) hal-hal yang ghaib, akan tetapi
Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya di antara rasul-rasul-Nya. ” (Ali
Imran : 179)
Ilham, Firasat dan Mimpi Para Wali
Ilham dan mimpi para nabi adalah haq
dan ma’shum (terjaga dari kesalahan), pasti benar. Hal tersebut adalah termasuk
ilmu ghaib yang diberitahukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada mereka.
Berbeda dengan para wali, ilham dan
mimpi mereka tidak mutlak benar, tidak ma’shum, maka tidak disebut “ilmu ghaib”
selama belum terbukti. Dan ketika terjadi hilanglah hukum ghaib darinya. Mimpi
para wali yang kedudukannya lebih tinggi daripada ilham dan firasat itu
ternyata dijadikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai satu
bagian yang lemah dan kecil dari kenabian, hanya satu bagian dari empat puluh
enam bagian kenabian.
Adalah sebuah kesalahan jika yang
bukan ma’shum disejajarkan dan disandingkan dengan para nabi yang ma’shum.
Begitu pula jika menyamakan yang pasti benar dengan sesuatu yang belum tentu
benar.
Tepat apa yang dikatakan oleh
Asy-Syathibiy dalam kitab Al-Muwafaqat: “Jika seorang wali diperlihatkan
sesuatu dari perkara ghaib, maka hal itu bukan berbentuk sebuah ilmu pasti dan
keyakinan tanpa sangsi, akan tetapi bersifat penglihatan dan perkiraan biasa,
maka jika terjadi sesuai dengan kenyataan, maka pemberitaan-nya setelah
terjadinya kenyataan itu bukan lagi merupakan suatu perkara yang ghaib…
Jadi yang mengetahui ilmu ghaib
hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan Dia memberitahukan sebagian perkara ghaib
kepada rasul-Nya yang Dia kehendaki melalui wahyu yang sudah mutlak benar.
Sekalipun demikian tidak boleh dikatakan bahwa para rasul itu mengetahui ilmu
ghaib, apalagi para wali yang hanya diberi ilham atau mimpi yang belum mutlak
kebenarannya itu.
(Abu Hamzah As-Sanuwi)
Maraji’:
- Risalah Asy-Syirku wa Madhahiruhu, Mubarak bin Muhammad Al-jiliy Al-Jazairi, hal. 126-136
- Al-Fatawa Al-Haditsiyah, Ibnu Hajar Al-Haitamiy (311-313)
- Tafsir Al-Qurthubi, 7/1-3
- Mawaqif Ahlissunnah, Utsman Ali Hasan 59,71
- Syawahidul Haq, Yusuf An-Nabhani, hal. 427, 428
- Fathul Bari, Ibnu Hajar 8/291,514
- Al-fikrush Shufi, Abd. Rahman Abd Kholiq 231 dan 632
- Kifayatul At-Qiya wa Minhajul Asfiya’, As-Sayyid Bahri, hal. 27